Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

htn@iainmadura.ac.id

PRODI HTN FASYA IAIN Madura Lakukan Studi Wawasan Ke Mahkamah Agung RI

  • Diposting Oleh ADMIN HTN
  • Senin, 10 Juli 2023
  • Bagikan ke

PRODI Hukum Tata Negara (HTN), Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura  pada hari jumat (09/09/2022) Melakukan kunjungan Studi Wawasan ke Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia di Jakarta Pusat. Agenda kegiatan PRODI HTN tersebut melibatkan  Mahasiswa dari Prodi Hukum Tata Negara yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Tata Negara dan kegiatan ini juga didampingi Kudrat Abdillah, S.HI., M.HI selaku Ketua Program Studi HTN, Agung Fakhruzy, S.H., M.H. selaku Sekretaris Program Studi HTN serta Abd. Muni, M.H.I selaku Dosen Program Studi HTN.

Dalam Kunjungan PRODI HTN tersebut ke Mahkamah Agung  disambut oleh Hakim Yustisial Mahkamah Agung yang diantaranya  Panca Yunior Utomo, S.H., M.H., Dr. H. Fikri Habibi, S.H., M.H., Dr. Rio Satria, S.H.I., M.E.Sy. dan Martomo, S.H.I., M.H.

Kudrat Abdillah dalam sambutannya mengatakan, tujuan kunjungan ini untuk membangkitkan motivasi  mahasiswa HTN dalam bidang hukum dan mengembangkan intelektual mahasiswa, serta mengenal lebih dekat Mahkamah Agung sebagai lembaga kekuasaan kehakiman tertinggi di Indonesia dan juga mengajak Mahkamah Agung untuk bekerjasama dalam pengembangan wawasan Mahasiswa Prodi HTN dalam bentuk Pemagangan. " Tujuan kami ke Mahkamah Agung yang pertama, ingin memberikan motivasi kepada para mahasiswa PRODI HTN agar mempunyai semangat keinginan untuk menjadi Hakim, Kedua,Datangnya kami kesini untuk mengetahui seperti apa fungsi, tugas dan wewenang yang dimiliki oleh Mahakamah Agung, Ketiga, Kami datang kesini ingin mengajak kerjasama dalam hal kegiatan pengembangan keillmuan mahasiswa dalam kegiatan magang mahasiswa”

Pada Pertemuan tersebut Para Hakim Yustisial memberikan ilmu pengetahuan kepada Mahasiswa PRODI HTN mengenai Kedudukan, Fungsi, Tugas Pokok dan Wewenang Mahkamah Agung serta menyambut baik tawaran dari Ketua Prodi HTN dalam kerjasama antara PRODI HTN dengan Mahkamah Agung. “Kami menyambut baik kedatangan adik-adik Mahasiswa PRODI HTN, KAPRODI, SEKRPODI dan Dosen Prodi HTN di IAIN Madura, dan kami meberikan peluang bagi Mahasiwa Prodi HTN untuk melakukan kegiatan Magang di Mahkamah Agung ini.”  Jelas salah satu Hakim Yustisial Bapak Dr. Rio Satria, S.H.I.,

Diakhir Kegiatan ini tidak lupa dilakukan sesi dokumentasi bersama dan saling tukar-menukar cendera mata antara Mahkamah Agung yang diwakili oleh para Hakim Yustisial dengan PRODI HTN Fakultas Syariah IAIN Madura yang diwakili oleh KAPRODI HTN.